NORAH JONES & SYNTHESIA

Gara gara nonton brain games(natgeo) tentang musik pas bintang tamunya jack black,  jadi tau klo ada istilah synthesia, jadi kita tuh bisa nyium bau memori memori kita jaman dulu yang berkesan. Dan kalau ditanya lagu apa yang paling punya bau dan berkesan didalam hidup kamu? (Taelah kamu), gw akan jawab bukan lagu, tapi 2 album pertama norah jones, come away with me & feels like home, koq bisa? mari kita mulai..

Saat pertama mbak norah muncul dipermukaan dengan lagu don't know why, don't know why juga gw langsung terhipnotis, i'm no jazz lover apalagi pengkoleksi keping2an blue note, saat itu 2002 gw lg diakhir akhir semester akhir perkuliahan dan album inilah yang juga berjasa nemenin gw bikin skripsi dengan berbagai rintangan dan penolakan, seakan mbak norah ini selalu menyemangati gw dengan suaranya yang memiliki kekenyalan dan tekstur yang padat dan enak, walaupun hampir semua lagunya lemah lembut dan gemulai kecuali i've got to see you again yang sedikit menghentak dengan sedikit amarah dan feeling the same way yang ceria dan romantis, tapi semua lagunya ga ada satupun yang terlupakan dan tentu saja disempurnakan dengan dvd live pertamanya di new orleans  yang sampai saat ini masih memegang rekor live terkeren yang pernah gw liat, lonestar yang terdengar unsur countrynya tidak membuat lagunya terdengar norak, dan album pertamanya inilah yang sukses menyabet 9 grammy dari 18 nominasi, gokil.

Next 2 tahun kemudian 2004 album ke2, feels like home, kalau album pertama sukses nemenin gw bikin skripsi dan alhamdulillah berhasil mendapat marga SE, dialbum kedua ini jasanya lebih besar lagi, album yang kental berisi nuansa country dengan balutan jazz yang ciamik dan tidak membosankan bahkan sampai saat ini 2020 (16 taun yg lalu cuy..) cdnya masih nangkring dimobil dan playlist wajib spotify gw, bayangin betapa brilianya lagu sunrise, lagu catchy dengan video yang unik (feat. Daru oda back vokalnya) joget joget muter muter kaya telletubies distudio tapi dengan unsur magis yang membuat sisi lagu itu terdengar keren banget, creepin in (feat. Dolly parton) yang berhasil membuat gw suka lagu country, the long way home lagu yang pake bas betot doangan bisa jadi keren dan asiknya minta ampun, tapi kembali dengan nilai jasa album ini yaitu, album inilah yang sukses membuat suasa gw penuh semangat dan berbunga bunga saat ngejar gebetan saat itu, saat pertama dapet kerja dan ada sosok perempuan yang berhasil memberhentikan waktu (najong kan?), pokoknya lagu lagu dialbum inilah yang berhasil membuat optimis dan kenekadan gw untuk memilikinya (najong lagi). Ada 2 lagu dialbum ini yang bisa dibilang jadi lagu kami berdua, what am i to you (waktu proses pdkt) dan lagu termanis diseluruh dunia yang pernah dibuat those sweet words, lagu kami saat bersama bertahun tahun mengais ngais kemesraan dan romansa hingga akhirnya kami harus berpisah, ya betul berpisah, perpisahaan yang penuh dengan air mata, air mata bahagia dan aroma indah synthesia yang masih nyata terasa, kami harus berpisah dengan status yang lama kami dan menjadi sepasang suami & istri (ihiyyy..patu kali sepasang)
Itulah sepenggal kisah 2 album norah jones yang semua lagunya didalamnya ga ada yang ga enak dan tentu saja yang telah sangat berjasa dalam memebentuk memori dan bau khas pernajongan dahulu kala.

"I just have to hear those sweet words, spoken like a melody"

Comments

Popular Posts